Tips Agar Lipstik Tahan Lama Saat Digunakan

Lipstik boleh dibilang sebagai tulang punggung make up, akan tetapi lipstik juga sangat gampang hilang atau terhapus. Bagaimana caranya agar lipstik tahan lama saat digunakan di bibir Anda?

CaraDandan.com punya beberapa tips yang dapat membantu Anda agar lipstik tahan lama saat dipakai, berikut tips-tipsnya:

  1. Optimalkan manfaat lip liner
    Perlu Anda ketahui bahwa lip liner ternyata tidak hanya berfungsi dalam membingkai bibir guna mempertegas bentuknya. Pemakaian lip liner di bawah lipstik bisa membuat lipstik menempel tahan lebih lama dari sebelumnya.
    Oleskan lip liner sebagai dasar rias bibir Anda, baru kemudian ratakan lipstik di atasnya. Apabila Anda menggunakan lipstik berwarna terang atau bening, gunakan lip liner warna bening sebagai dasarnya.
    Lip liner
     akan menambahkan lapisan pigmen untuk membantu mempertahankan warna lipstik. Pilihlah warna yang paling mendekati warna lipstik yang Anda gunakan. Kecuali jika Anda memakai lipstik berwarna sangat gelap, sebaiknya pilih warna lip liner dengan warna 1 tingkat di bawah warna lipstik. Bentuklah garis di sekeliling bibir.
    Lip liner
    berfungsi untuk menjaga batas area yang akan diberi lipstik. Terapkan yang berkarakter lembut dan jangan gunakan terlalu tebal pada bibir.

    Agar lipstik tahan lama

    Agar lipstik tahan lama

  2. Jaga kesehatan bibir
    Lipstik akan bertahan lebih lama pada permukaan yang halus, untuk itu, sebelum mengaplikasikan lipstik, coba lap bibir Anda menggunakan lap halus yang telah dibasahi air hangat. Kemudian oleskan lip balm tanpa warna, diamkan sejenak, lalu tepuk-tepuk dengan tisu.
    Bibir juga memiliki sel-sel kulit mati yang harus dibersihkan. Bibir kering dan mengelupas akan membuat polesan lipstik Anda menggumpal dan mudah hilang. Gunakan spons atau sikat gigi lembut untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di bibir. Gosok bibir Anda dengan lembut sampai bibir bersih dari lapisan sel-sel kulit mati.
    Penggunaan scrub khusus bibir disarankan untuk menghilangkan sel kulit mati sehingga bibir Anda akan terasa lebih lembut.
  3. Pilih warna terang atau gelap
    Daripada menggunakan lipstik dengan tipe warna sangat tipis atau lembut, sebaiknnya pilih tipe dengan warna yang lebih terang atau lebih gelap, karena mengandung pigmen lebih banyak.
  4. Pilih yang mengandung kilau
    Kebanyakan jenis lipstik yang menjanjikan tahan lama cenderung bertipe matte dan bisa membuat bibir kering. Disarankan untuk mengenakan lipstik yang memberi tampilan satin, yang sedikit berkilau, yang diberi tambahan kandungan seperti kilau mutiara.
    Kilau dari lipstik jenis ini terbuat dari pigmen mutiara dan bukan dari tekstur, karena tidak terlalu lembap seperti lipstik dari bahan krim, jenis ini akan bertahan lebih lama.
  5. Gunakan langsung dari tabung
    Sebaiknya Anda langsung memoleskan lipstik langsung dari tabung atau tube-nya daripada menggunakan kuas lipstik. Setelah memoleskan lipstik, selipkan selembar tisu di antara bibir Anda, lalu ulangi memoleskan lipstiknya.
  6. Sentuhan akhir
  • Bedak tabur
    Bedak tabur akan menolong membuat lipstik jadi padat, tapi jangan terlalu banyak. Caranya memberi bedak: katupkan bibir Anda, senyum, dan pulaskan sedikit bubuk bedak tabur dengan kuas tebal. Jangan tambahkan lipstik lagi agar tidak berkerak, atau
  • Lipgloss
    Lipgloss akan memberikan sentuhan bercahaya pada bibir Anda jika diterapkan dengan lapisan halus secukupnya.

Tips lain yang akan sangat bermanfaat buat Anda agar lipstik tahan lama saat digunakan:

  1. Saat minum biasanya lipstik akan menempel di gelas Anda maupun sedotan yang Anda gunakan untuk minum. Guna menghindari hal ini, coba basahi tepian gelas atau sedotan dengan lidah sebelum Anda minum. Gelas dan sedotan yang basah tersebut membuat lipstik tidak menempel dan bertahan lebih lama di bibir Anda.
  2. Simpan lipstik Anda di tempat yang sejuk, karena kalau Anda menyimpan lipstik di tempat yang terkena paparan matahari secara langsung akan membuat lipstik mencair dan memudarkan warnanya. Supaya kualitas lipstik tetap terjaga, simpanlah koleksi lipstik Anda di tempat yang sejuk. Anda juga bisa menyimpan lipstik di kulkas agar kesejukannya terjaga.
  3. Pilihlah merk yang berkualitas untuk lipstik Anda, tidak perlu mahal. Cari referensi sebanyak-banyaknya dalam memilih lipstik yang dapat bertahan lebih lama.

Semoga tips agar lipstik tahan lama saat digunakan di atas bermanfaat buat Anda…

Baca juga artikel menarik mengenai perawatan kulit wajah alami agar putih dan cerah.

Yang dicari di sini:

  • cara memakai lipstik agar tahan lama (19)
  • cara make up untuk bibir tebal (12)
  • cara make up untuk pipi tembem (12)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>